Saturday, January 12, 2013

Peranan Perguruan Tinggi dalam Mencerdaskan Anak Bangsa

Share on :

Peranan Perguruan Tinggi dalam Mencerdaskan Anak Bangsa
Perguruan tinggi merupakan wadah bagi siswa yang ingin melanjutkan studinya dalam segala bidang yang mempunyai peran besar bagi kehidupan masyarakat, baik individu maupun masyarakat sedangkan pendidikan tinggi merupakan kelanjutan pendidikan menengah yang diselenggarakan untuk mempersiapkan peserta didik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian yang tercantum pada UU No.2 Tahun 1989, pasal 16, ayat (1).



Peran Perguruan Tinggi

Di zaman sekarang perkembangan teknologi sudah menglobalisasi secara cepat sehingga menuntut manusia untuk lebih kreatif dan inovatif. Jika tidak mengikuti arus globalisasi maka orang tersebut akan ketinggalan zaman dan sulit untuk menerimanya kembali. Sehingga banyak orang yang ingin melanjutkan studinya di berbagai perguruan tinggi.
Dari situlah timbulnya persaingan ketat untuk mencapai visi dan misi mereka. Tapi hal itu akan berjalan lancar apabila didukung oleh peran pemerintah dan perguruan tinggi itu sendiri. Ada beberapa faktor yang menghambat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Faktor utamanya adalah faktor biaya.

Biaya adalah faktor utama yang sulit ditempuh bagi kalangan bawah sehingga hanya beberapa kalangan tertentu saja yang dapat duduk di bangku kuliah.

Padahal potensi masyarakat di Indonesia untuk melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi sangatlah besar. Walaupun adanya program beasiswa tetapi hanya beberapa orang saja yang dapat lolos dan prosesnya yang cukup sulit sehingga membuat orang berpikir bahwa melanjutkan ke perguruan tinggi itu adalah hal yang pecuma atau sia-sia. Anggapan itu sebenarnya salah besar. Karena dengan adanya perguruan tinggi maka orang-orang dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dengan tujuan utamanya untuk mempersiapkan 
bekal terbaik menuju masa depan gemilang.
Begitu banyak calon mahasiswa/i yang memiliki bakat ataupun kemampuan tetapi dikarenakan faktor biaya banyak yang tidak dapat menyalurkan bakatnya tersebut. Ini sungguh disayangkan.

Sebenarnya hal itu dapat diatasi jika pemerintah dapat memberikan fasilitas dan beasiswa kepada orang yang kurang mampu dan dari pihak perguruan sendiripun memberikan keringanan biaya dan beasiswa juga.

Berikut ini peranan perguruan tinggi dalam mencerdaskan anak bangsa:

1. Beasiswa
Dalam dunia pendidikan beasiswa bukanlah hal yang tabu lagi. Dengan adanya program beasiswa dapat memicu mahasiswa untuk saling berlomba-lomba untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi untuk meraih juara. Beasiswa pun bermacam-macam antara lain :

  • Full Beasiswa (100% Retuition Reduction)
    Yang paling banyak diincar karena semua biaya sudah ditanggung dan tidak perlu berpusing lagi untuk memikirkan biaya kuliah dan makan. Selain itu, juga diberikan uang saku.
     Pastinya mau donk.. :P
  • Keringanan Biaya Kuliah (Retuition Reduction)
    Jangan kecewa apabila tidak mendapatkan Full Beasiswa karena akan diberikan potongan biaya kuliah sebesar 60-75% dari pemberi beasiswa.
  • Beasiswa yang diberikan sekali waktu
    Biasanya diberikan apabila menjuarai lomba.
  • Ikatan Dinas Kerja
    Diberikan kepada mahasiswa berprestasi yang telah selesai jenjang pendidikannya.
2. Studi Banding
Studi banding adalah proses menggali ilmu khusus tentang kelebihan ditempat lain. Tujuannya :
  • Untuk menambah wawasan tentang lokasi yang telah ditetapkan.
  • Mendapatkan pengalaman baru.
  • Membandingkan lokasi yang ditempatkan dengan lokasi kita sendiri.
  • Menambah cakrawala berfikir kita.
3. Diadakannya Berbagai Kompetisi
Dengan adanya kompetisi membuat peserta dapat menyalurkan bakatnya dan saling bersaing untuk menjadi juara. Tujuan lain diadakannya kompetisi agar dapat menyaring peserta secara tidak langsung mana yang terbaik dari yang terbaik (best of the best) dari suatu kompetisi yang diikutinya beda dengan prestasi akademik. Karena kompetisi berpusat pada satu hal yang diperlombakan.

4. Melakukan Kerjasama
Kerjasama dapat dilakukan antar universitas maupun perusahaan. Yang tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan potensi yang ada pada kedua belah pihak untuk saling membantu dalam pengembangan sumber daya manusia.

5. Sarana dan Fasilitas
Dengan sarana dan fasilitas yang lengkap dapat mempermudah, memperlancar, mengeffektifkan serta mengefisienkan proses belajar guna mencapai tujuan belajar.
Keberadaan akan fasilitas belajar sebagai penunjang kegiatan belajar tentulah sangat berpengaruh terhadap hasil belajar dan prestasi, dikarenakan keberadaan serta kondisi dari fasilitas belajar dapat mempengaruhi kelancaran
serta keberlangsungan proses belajar, hal tersebut sesuai dengan pendapat dari Dalyono (2001:241) yang menyatakan bahwa "kelengkapan fasilitas belajar akan membantu siswa dalam belajar, dan kurangnya alat-alat atau fasilitas belajar akan menghambat kemajuan belajarnya."
                         


Share on :

0 komentar:

Post a Comment

Harap Jangan Spam Ya..
Terima Kasih.. :D

home
 
;